Minggu, 26 Desember 2010

Beda AA & TTK USA

Beda AA & TTK USA

iklan 336x280 iklan link responsive
iklan 336x280 iklan link responsive

Baca Juga

Perbedaan Pharmacy Assistant & Pharmacy Technician di Amerika



Ternyata tenaga Pharmacy Assistant (Asisten Apoteker) dan Pharmacy Technician (Tenaga Teknis Kefarmasian) di Amerika masih sangat diperlukan. Di Houston saja untuk Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) diperlukan pertahunnya lebih dari 39.000 pekerja, dengan penghasilan rata-rata pertahun $18,720 - $32,240 atau sekitar Rp.187.200.000 - Rp.322.400.000 (sedikit sekali ya ^_^, sumber : http://www.pharmacytechnician.org/en/cms/?831).

Nah, tentunya terlebih dahulu dalam artikel ini saya akan menulis perbedaan antara Asisten Apoteker (AA) dengan TTK di Amerika.


Sertifikasi

TTK disertifikasi oleh salah satu pihak yang berwenang. Untuk TTK bersertifikat nasional disertifikasi oleh Pharmacy Technician Certification Board (PTCB), dan untuk TTK bersertifikat negara bagian disertifikasi oleh state's Board of Pharmacy. Bedanya dengan AA, mereka tidak bersetifikat.


Pendidikan

TTk haru menyelesaikan pendidikan selama 6 bulan sampai 2 tahun untuk mendapatkan sertifikat atau gelar Associate's di Pharmacy Technologi sebelum bersertifikat. Sedangkan AA tidak memerlukan pendidikan khusus, mereka hanya mendapatkan kemampuan bekerja melalui pengalaman mereka di tempat kerja.

Tanggung Jawab

TTK dapat bertanggung jawab atas pembuatan gel, kapsul, krim ataupun cairan infus. Mereka juga dapat memberikan nasihat medis secara terbatas. Namun, AA terbatas pada penghitungan jumlah tablet yang dibeli, melakukan pengiriman ataupun melakukan tugas-tugas administrasi seperti menjawab saluran telepon.

Pengawasan

TTK berada dibawah pengawasan seorang Apoteker, berbeda dengan AA yang diawasi oleh TTK.

Karir

TTK memiliki kemampuan untuk maju menjadi pimpinan teknisi ataupun peran khusus lainnya dalam apotek. Tetapi kesempatan AA untuk berkarir sangat kecil, bahkan mungkin tidak ada.

Upah

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja median upah Amerika Untuk TTK pada tahun 2008 adalah $13,32 perjam. Coba bandingkan dengan AA yang rata-rata penghasilannya adalah $8,47 dan $11,62 perjam.
iklan 336x280 iklan link responsive (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Beda AA & TTK USA
4/ 5
Oleh

Silahkan berikan komentar ya teman-teman