Senin, 27 Desember 2010

Sejarah Pendidikan TTK

Sejarah Pendidikan TTK

iklan 336x280 iklan link responsive
iklan 336x280 iklan link responsive

Baca Juga

Sejarah Pendidikan Tenaga Menengah Farmasi/ Asisten Apoteker



Sejarah Pendidikan Asisten Apoteker
Mari kita ingat kembali, pendidikan pertama Asisten Apoteker dirintis dari negeri belanda dan tercatat pertama dari Indonesia yang berhasil lulus pada tahun 1908. Kemudian sekitar tahun 1918-1934 berdiri Pendidikan Asisten Apoteker pertama yang bernama “Leergang voor de opleiding van apothekers bedienden onder de naam van apothekers-assistentenschool”. Dengan persyaratan pendidikan awal dari “Mulo bag B” (setara SMP), dan lulusannya hanya dibatasi samapai 20% saja.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, pada tahun 1946 didirikan Sekolah Asisten Apoteker yang pertama dan dikelola oleh tenaga bangsa Indonesia di Yogyakarta. Sekolah Asisten Apoteker (SAA) tetap dipertahankan dari setelah kemerdekaan hingga tahun 1965, karena pada tahun tersebut Sekolah Asisten Apoteker berganti nomenklatur menjadi “Sekolah Menengah Farmasi (SMF)”. Kemudian sekitar tahun 2007, pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai perubahan status pendidikan Asisten Apoteker ini menjadi “Sekolah Menengah Kejuruan Keahlian Farmasi (SMK KF)”, hal ini disesuaikan dengan program pemerintah untuk menyiapkan tenaga menengah dan perbandingan antara sma dan smk menjadi (30:70). Di Samarinda SMK Farmasi pertama didirikan pada tahun ajaran 2006/2007.


Untuk Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) yang pertama di Indonesia, didirikan oleh Yayasan Putera Indoneis Malang. AKAFARMA tersebut didirikan pada tanggal 12 Februari 1996, yaitu dengan surat keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.00.06.1.1.488 yang memberikan kewenangan dan hak untuk mendirikannya. AKAFARMA merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan peserta didik yang piawai dibidang kuliti control, dan pada tanggal 9 Agustus 1999 atau tiga tahun setelah didirikannya AKAFARMA Putra Inodonesia Malang mendapat program akreditasi dari Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. Hasil Akreditasinya adalah B, yang dituangkan dalam SK No. HK.00.06.4.32413. Dengan hasil akreditasi tersebut AKAFARMA Putra Indoonesia Malang berhak untuk melaksanakan Ujian Akhir Program Sendiri, sampai sekarang. Prestasi Yayasan Putera Indonesia bukan hanya itu, untuk mengisi kebutuhan tenaga terampil di bidang pelayanan dan produksi, maka pada tahun 1997 didirikanlah Akademi Farmasi pertama di Indonesia. Dan pada tanggal 23 Juni 1997 turun SK dari Menteri Kesehatan dengan nomor HK.00.06.1.1.1950. Sedangkan AKFAR Samarinda Pertama didirikan pada tanggal 23 November 2001.

 Info TTK tambahan




Sekedar tambahan informasi, Fakultas Farmasi pertama di Indonesia adalah Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada. Fakultas tersebut didirikan pada tanggal 27 September 1946, dengan nama Perguruan Tinggi Ahli Obat (PTAO). Perguruan tinggi ini merupakan bagian dari gabungan perguruan tinggi lainnya, yaitu Perguruan Tinggi Kedokteran, Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi, Perguruan Tinggi Pertanian dan Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan. Namun karena peristiwa pemberontakan PKI Moeso serta akasi militer oleh tentara Belanda ke-2 maka pada tanggal 19 Desember 1948, secara terpaksa gabungan perguruan tinggi tersebut menghentikan kegiatan akademisnya karena banyak para dosen dan mahasiswanya yang ikut bergerilya atau bergabung dalam tim Palang Merah.


Sekarang dengan adanya PP Tenaga Kefarmasian 51/2009, maka profesi farmasi menjadi Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian. Dengan tambahan bahwa sarjana farmasi merupakan bagian dari Tenaga Teknis Kefarmasian, selain dari Ahli Madya Farmasi, Analis Farmasi, dan Tenaga Menengah Farmasi/ Asisten Apoteker, maka hal ini menjadi kebhinekaan yang bisa menghambat persatuan kita. Mohon koreksinya yah.. Wink
iklan 336x280 iklan link responsive (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Sejarah Pendidikan TTK
4/ 5
Oleh

Silahkan berikan komentar ya teman-teman